13 Nov 2013

GENERASI MUDA PENERUS BANGSA



Generasi muda merupakan bibit dari suatu bangsa yang harus dididik dan dibangun segala potensinya agar kelak bisa mengembangkan bangsanya menjadi lebih baik lagi dengan segala potensinya. Setiap manusia dilahirkan dengan karakteristik yang berbeda, namun karakteristik yang baik harus dikembangkan melalui usaha-usaha sadar yaitu pembelajaran, baik pembelajaran secara formal, nonformal, informal maupun pelajaran-pelajaran yang diambil berdasarkan pengalaman. Seseorang yang dapat  belajar dari pengalaman merupakan orang yang hebat, karena tidak mudah belajar dari pengalaman, banyak orang yang tidak peka dengan kejadian-kejadian yang pernah dialami sehingga tidak dapat mengambil pelajaran dari kejadian yang dialaminya, padahal pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup.

Seseorang memiliki karakter yang baik akan senantiasa disegani dan dihormati orang lain sehingga ucapannya bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Dengan karakter yang baik seseorang akan dapat dipercaya untuk memimpin. Pada dasarnya semua manusia memiliki sifat kepemimpinan, hanya saja tidak semua orang dapat menunjukkannya secara dominan. Memimpin bukan hanya berarti seseorang bisa mejadi kunci dari suatu kelompok atau menjadi orang yang paling dipercayai untuk mengendalikan suatu kelompok, tapi memimpin berarti juga seseorang dapat mengendalikan dirinya sendiri. Menjadi pemimpin untuk diri sendiri ternyata tidaklah mudah, yang utama dan yang paling utama adalah membiasakan diri hidup disiplin dan cerdas emosional, artinya dapat mengendalikan emosi, karena yang terberat dalam hidup ini adalah melawan hawa nafsu.

Sebagai generasi muda, kita sebaiknya memiliki karakter yang baik agar kita dapat mengembangkan potensi bangsa menjadi lebih baik lagi, memberantas segala penyimpangan yang dilakukan masyarakat umum. Karena apa? Karena kita sebagai generasi muda merupakan generasi penerus, artinya kita yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan dan pemimpin bangsa untuk memajukan bangsa kita. Untuk menjadi generasi muda yang dapat meneruskan perjuangan pemimpin terdahulu, dibutuhkan sikap kepemimpinan yang baik. Seseorang yang dikatakan sebagai pemimpin yang baik adalah orang yang bisa menjadi leader sekaligus menager. Selain itu dibutuhkan juga pola pikir yang strategis dan visioner, artinya punya keyakinan yang besar, menyukai apa yang dia lakukan, berpikir ke depan dan berani mengambil resiko serta dapat memperkirakan masalah yang akan dihadapi dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, dapat membagkitkan semangat dan memberi inspirasi bagi oang lain.

Seorang pemimpin yang baik senantiasa memiliki integritas yang tinggi, dapat dipercaya atau jujur, terbuka dan peduli terhadap sesama, kreatif dan inovatif serta mampu belajar dari pengalaman dan kekeliruan yang pernah dialami sebelumnya. Pemimpin yang baik berperan sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, konselor dan sebagai evaluator. Berdasarkan materi yang pernah saya terima dari mata kuliah olimpisme, seseorang dikatakan berhasil menjadi pemimpin yang baik ketika ia sudah memenuhi motto olimpisme yaitu citius (lebih cepat) lebih cepat dalam belajar dan beradaptasi, altius (lebih tinggi) artinya mampu berprestasi melebihi yang lain, dan fortius (lebih kuat) artinya kuat dan mampu untuk bersaing. Dengan karakter-karakter yang demikian generasi muda diharapkan dapat menjadi penerus perjuangan pemimpin dan penggerak bangsa untuk selalu jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar