23 Jan 2013

Workshop IRO, Fasilitasi 5 Kota

P


 rogram Studi D3 Teknik Elektro (D3Tektro) menjadi tuan rumah workshop dan kompetisi Indonesian Robotic Olympiad (IRO) 2013. Tak hanya untuk wilayah Surabaya, D3Tektro ITS pun menjadi tuan rumah untuk empat regional lainnya, yaitu Trenggalek, Jember, Madura, dan Malang.

Gedung D3Tektro - IRO adalah kompetisi robot internasional bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Agenda tahunan ini akan berlangsung pada Februari 2013 mendatang. Meski begitu, D3Tektro telah dipercaya untuk menyelenggarakan workshop bagi lima region tersebut, Sabtu (3/11).

''Kami mahasiswa bekerjasama dengan Robokids dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai fasilitator untuk beberapa regional,'' tutur Prayudha Dewantara, ketua panitia Workshop IRO 2013. Sementara itu, dukungan dana, konsep olimpiade, dan lainnya ditentukan oleh Robokids dan Kemdikbud.

Sedangkan workshop kali ini diikuti oleh 154 tim yang masing-masing terdiri dari dua orang peserta. Tak hanya materi seminar, peserta pun dibimbing dalam simulasi pembangunan (building) dan pemrograman robot lego yang akan dikompetisikan dalam IRO 2013.

''Trainer dalam workshop ini adalah 30 orang mahasiswa D3Tektro angkatan 2011 dan 2012," Prayudha menambahkan. Agar efisien, workshop pun dibagi menjadi dua sesi dengan beberapa kelompok besar dalam simulasi building dan pemrograman robot lego. (set/esy - ITS Online

0 komentar:

Posting Komentar

 





Mode Views: